Materi If Clause + Imperative and suggestion SMA SMK Kelas 12


Alhamdulillah wasyukurillah, akhirnya penulis dapat melanjutkan postingan untuk materi Chapter II Why don't you Visit Seattle. Bahasa Inggris Kelas 10 SMA/MA/MAK. Pada postingan yang lalu, penulis sudah berbagi teks bacaan dari Buku Paket Bahasa Inggris Kelas XII Yang berjudul Six Things to do if you visit Seattle beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Setelah anda memahami isi daripada teks secara keseluruhan, pesan dari teks tersebut yang erat kaitannya dengan materi pembahasan utama yaitu Materi Pengandaian diikuti oleh perintah/saran atau If dengan Imperative Can, Should.
Seperti yang tertuang dalam Buku bahwa tujuan dari pembelajaran Chapter II ini adalah:
1.    (3.5) Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
2.   (4.5) Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Berdasarkan penjelasan tujuan/KD di atas jelas bahwa hasil akhirnya adalah siswa memperoleh kemampuan baik dari segi pengetahuan yang tertuang dalam KD 3.5 maupun kemampuan dalam ranah keterampilan yang tertuang dalam KD 4.5.
 
SMA, SMK, MA, If clause, imperative, suggestion, Inggris, MAK,
Sumber Buku Bahasa Inggris Kelas 12 SMA MA SMK
Baik kali ini kita akan discuss tentang penggunaan IF CLAUSE yang ikuti oleh baik imperative, suggestion, reminder, general truth, dan lainya.
Contoh dalam kalimat:
1.    If clause + a reminder: If you want to pass the exam, you have to study harder. (Jika kamu ingin lulus ujian, kamu harus belajar keras)
2.   If clause + a suggestion : If you want to be a medical doctor, you have to prepare it from now on, If you want to go to the USA, you should save money. (Jika kamu ingin menjadi dokter medis, kamu harus menyiapkannya dari sekarang. Jika kamu ingin pergi ke Amerika Serikat, Kamu seharusnya menabung.)
3.   If clause + a general truth : If you don't put some cherries on it,     your cake will look pale and dull.( Jika kamu meletakkan beberapa buah ceri, kuemu akan terlihat pucat dan kusam.)
4.   if clause + an imperative : If you want to be the head of OSIS, offer a good program to improve the school environment. (Jika kamu ingin menjadi ketua OSIS, tawarkanlah program yang bagus untuk meningkatkan lingkungan sekolah.)
5.   If clause’ to show a dream : If I am elected as a president, I will waive taxes for poor people. (Jika saya terpilih menjadi presiden, Saya akan menaikkan pajak untuk kesejahtereaan orang miskin.)

Berikut adalah jawaban soal Identifying Teks Why don’t you visit Seattle pada Task 1:
1.      If you visit Seattle, the first thing to do is feeling the fresh air on your face as you sail to Bainbrige Island on a Washington State Ferry.  
Pattern 1: If clause + imperative
2.      If you want to enjoy Bainbrige Island, stroll around downtown’s galleries, boutiques, coffee houses and cafes.
Pattern 2: If clause + imperative
3.      If you visit Seattle, why don’t you tour Pike Place Market’s produce stands and buy something you’ve never tasted.
Pattern 3: If clause + suggestion
4.      Unless you have allergic to noises, make sure you take time to spot these beloved icons.
Pattern 4: If clause + imperative
5.      If you have enough time, tour the numerous art galleries in Friday Harbor.
Pattern 5: If clause + imperative
6.      If you visit Seattle, see exciting and experimental works at Chihuly Garden and Glass.
Pattern 6: If clause + imperative
7.      If you visit this city, you should explore the Space Needle and Pacific Science Center.
Pattern 7: if clause + suggestion
8.      If you visit Seattle, watch the world’s most sophisticated aircraft be built before your eyes at the Boeing factory in Mukilteo.
Pattern 8: if clause + imperative
9.      If you are curious to know about it, you should explore the dynamics of flight and experience new aviation innovation.
Pattern 9: if clause + suggestion

Soal Online Materi ini silahkan klik untuk mengetes penguasaan materi anda pada chapter ini. Skor otomatis setelah mengerjakan.

Tes Online Chapter II

Demikian untuk material yang dapat penulis share pada kesempatan ini, semoga sedikit uraian soal dan jawaban beserta pola-pola kalimat dengan menggunakan If clause (Pengandaian) ini berguna dan bermanfaat bagi anda terutama yang sedang belajar di bangku SMA, MA, MAK, SMK Kelas 12. Saran kritikan, dan masukan yang positif akan selalu penulis harapkan dari para pengunjung blog semunya. Request materi dan soal dari anda para pengunjung blog akan selalu penulis tunggu. Terima kasih. Salam sukses berjama’ah. Amin.

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

0 Response to "Materi If Clause + Imperative and suggestion SMA SMK Kelas 12"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel