Tips dan Trik menghadapi PAT Tahun 2019


Pada postingan kali ini admin akan share tentang tips dan trik menghadapi Penilaian Akhir Tahun 2018/2019 semua mapel. Tips dan trik ini berlaku untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan baik di SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA.
Tips, Trik, PAT PAS Genap SMP MTS, SMA SMK MA, 2018/2019
Semangat ayo mengahadapi PAT 2019 teman-teman semua

Berikut adalah tips dan trik yang dapat dilakukan sebelum, menjelang dan sesudah:
1
Mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan H-1 sebelumnya. Ini dilakukan dengan cara membaca, berhitung, melakukan latihan dril soal baik dari guru, dari Google/internet. Pelajari kisi-kisi soal yang diberikan kemudian cari contoh soal yang di internet yang sesuai dengan kisi-kisi. Atau membuat soal prediksi sendiri berdasarkan kisi-kisi. Penekanan belajar merujuk ke kisi-kisi yang ada supaya belajarnya tidak menyimpang dari prediksi soal yang akan dikeluarkan.
2.
Buatlah catatan, tulisan, rumus atau apa saja seputar materi, dengan cara menulis ini memberikan daya ingat kepada kita mengenai materi tertentu yang kemungkinan keluar di PAT.
3
Belajar yang paling efektif setelah bangun tidur sebelum shubuh. Bagi anda yang muslim, dapat belajar setelah sahur, sebelum dan sesudah sholat Shubuh.
4
Tidak perlu cemas dan kawatir terhadap hasil PAT, rasa cemas justru akan menjadi beban yang dapat menghambat kita saat berperang menghadapi PAT sesungguhnya, jadi stay calm aja dan rilex. Yakinlah bahwa kita mampu melewati kesulitan yang ada.
5
Jangan lupa setelah belajar, berlatih dan berikhtiar, berdo’alah kepada Tuhan supaya diberi kelancaran dalam menjawab soal PAT.
6
Jawablah soal yang paling mudah terlebih dahulu. Menjawab soal yang termudah akan memberikan kepercayaan diri yang tinggi. Berbeda apabila kita terpaku pada soal yang sulit diawal. Ini justru akan membuat kita tidak percaya diri yang pada akhirnya justru membuat kita tak semangat dalam menjawab.
7.
Pantang bagi kita untuk mencontek atau berbuat curang selama PAT berlangsung, Ingat kita sedang berpuasa, tidak boleh berbohong untuk yang muslim. Kejujuran itu lebih baik. Hasil yang jujur dapat menilai kemampuan kita sampai sejauh mana dengan PAT ini.
8
Khusus mapel Bahasa, bila anda tak dapat menemukan jawaban yang tepat pada opsi yang ada, maka jangan pernah membiarkannya tanpa jawaban, anda musti menjawab, saran saya jawablah pada pilihan atau opsi yang paling panjang. Itu berarti lebih lengkap dan besar kemungkinan jawaban itu benar.
9
Soal PAT yang ada sekarang terdapat beberapa soal HOT (High Order Thinking Skill) oleh karena itu kita sebaiknya menganalisa dan berpikir lebih dengan menggunakan logika untuk menemukan jawaban yang tepat.
10
Teliti jawaban anda sebelum anda meninggalkan ruang PAT. Barangkali ada yang belum dijawab. Begitu pula jika masih ada jawaban yang masih ragu-ragu, dapat di jawab ulang dengan memilih jawaban yang menurut anda paling benar.


Demikian Tips dan trik menghadapi PAT Tahun pelajaran 2018/2019 ini, walaupun singkat semoga bisa memberikan motivasi belajar, wawasan dan kepercayaan diri sebelum benar-benar berperang menghadapi PAT yang sesungguhnya. Keep studying, praying, being confident, and being sure that you will get the best result. Amin. Thanks for visiting here.

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

0 Response to "Tips dan Trik menghadapi PAT Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel