Perangkat Modul Ajar dan kelengkapannya PPG Bahasa Inggris Tahun 2023

 

Assalamu’alaikum sobat pengunjung blog yang budiman. Di siang yang cerah ini tepatnya hari Kamis tanggal 8 Juni 2023 ini, penulis alhamdulillah dapat menyempatkan diri berbagi melalui blog tercinta ini. Di kesempatan ini penulis akan berbagi contoh Modul Ajar Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka PPG Tahun 2023.

 

Modul Ajar, Instrumen Penilaian, Bahasa Inggris, Almusto, Bahan Ajar

Di PPG tahun 2023 ini telah digunakan Kurikulum 2023 sehingga harus menyesuaikan untuk bahan-bahan yang berbeda dengan Kurikulum 2013(Kurtilas). Adapun modul ajar ini adalah nama dan bentuk yang sama dengan RPP di kurikulum 2013. Modul ajar ini dilengkapi dengan Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Instrumen penilaian untuk kegiatan belajar mengajar dengan alokasi waktu 2 x pertemuan atau 4 Jam Pelajaran (4JP).

 

Selengkapnya file telah penulis upload dan share melalui Google Drive penulis dan dapat diakses oleh pengunjung. Berikut adalah link untuk mengaksesnya:

 

Modul Ajar 

BahanAjar

MediaPembelajaran

InstrumenPenilaian

 

Materi yang dipilih adalah teks descriptive termasuk materi Kelas VII Semester Ganjil. Di Modul ajar ini diambil. Berikut penjelasan lengkapnya:

·         Fase. D (Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris.)

·         Capaian Pembelajaran

Elemen : Menyimak – Berbicara. (Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikanpreferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelasjawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana).  

 

·         Tujuan Pembelajaran:

7.D.1.

Melalui model pembelajaran PBL dan metode role playing peserta didik diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana, memberikan pendapat,membuat perbandingan, menyampaikan preferensi, menjelaskan dan memperjelas jawabandengan baik dan benar.

 

·         Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran:

1.      Peserta didik diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat simple present tensedan kata kerja sederhana melalui tanya jawab.

2.      Peserta didik diharapkan mampu memberikan pendapat tentang teks deskriptif yang telah diamati secara individu.

3.      Peserta didik diharapkan mampu membuat perbandinganbeberapa teks deskriptif tentang people/public figure dengan membandingkan beberapa teks deskriptif. 

4.      Peserta didik diharapkan mampu menyampaikan preferensi (lebih suka) dalam teks deskriptif melalui game (Who is he/she?). (Gambar dulu, kemudian text).

5.      Peserta didik diharapkan mampumenjelaskan dan memperjelas jawabanteks deskriptifdengan baik dan benar melalui menjawab pertanyaan.

Konsep Utama: Teks Deskriptif about people/public figure (people/public figure). 

 Demikian postingan penulis blog mengenai contoh modul ajar, bahan ajar, media pembelajran dan instrumen penilaian PPG Bahasa Inggris Tahun 2023. Terima kasih atas kunjugan anda. Salam sukses berjama’ah.

Demikian postingan penulis blog mengenai contoh modul ajar, bahan ajar, media pembelajran dan instrumen penilaian PPG Bahasa Inggris Tahun 2023. Terima kasih atas kunjugan anda. Salam sukses berjama’ah.

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

0 Response to "Perangkat Modul Ajar dan kelengkapannya PPG Bahasa Inggris Tahun 2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel