Pentingya Memiliki Blog Bagi Seorang Guru Inovatif 2020

 

Di era digital seperti sekarang ini, seorang guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti Smartphone, Laptop, komputer, tablet dan lainnya. Perangkat ini dapat membantu guru di dalam mengajar, mentransfer ilmu dan mendidik peserta didik dengan efektif apabila dibandingkan dengan di zaman dahulu dimana guru mengajar secara konvensional sebagai contoh dengan metoda ceramah dan perangkat/alat seadanya(tradisional). Tidak ada alasan lagi bagi seorang guru untuk tidak menguasai skill urgent di bidang IT karena pesera didik sekarang ini juga telah melek teknologi. Intinya seorang guru minimal mengikuti perkembangan teknologi dan kalau memungkinkan sedikit lebih maju daripada anak-anak didiknya.

 

Guru Inovatif, Hafecs, Blog, Blogger, Blogging, Materi, Soal, Evaluasi, Daring, COVID-19, Kreatif

Penguasaan IT atau teknologi bagi seorang guru tidak dapat dihindarkan lagi terlebih di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini di mana pembelajaran lebih dominan ke pembelajaran daring(dalam jaringan/online). Nah, pembelajaran daring ini sangat membutuhkan adanya perangkat teknologi dan mau tidak mau guru sebaiknya memiliki sekaligus dapat mengguanakan serta mengelolanya dengan baik.

 

Salah satu media yang challenging dan menarik bagi seorang guru di zaman milenial ini adalah memiliki sebuah blog. Blog ini ini menjadi wadah bagi seorang guru di dalam menuliskan ide-ide kreatifnya melalui tulisan atau paragraf yang dapat dibaca terutama murid-muridnya, dan khalayak ramai pada umumnya. Sebuah blog dapat menjadi semacam bahan materi dan soal-soal yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar di era daring ini. Sebagai contoh guru dapat memberikan materi pembelajaran di blog yang dimilikinya baik berupa tulisan maupun video. Di blog itu pula guru dapat memberikan soal-soal, ulangan dan lainya untuk mengetes dan mengevaluasi para siswa-siswinya. Guru dapat menjadikan blog sebagai media kreatif, efektif dan menjadi semacam library atau perpustakaan digital online di dunia maya yang dapat diakses baik oleh murid-muridnya sendiri maupun orang lain secara lebih luas.

 

Banyak keuntugan dari memiliki sebuah blog pembelajaran di laman internet. Yang pertama, seorang guru dapat berbagi pengalaman, pengetahuan dan ilmu kepada banyak orang termasuk muridnya. Kedua, seorang guru dapa mengembangkan profesionalitasnya dengan menulis dan berkarya. Ketiga, dengan memiliki blog, guru menyediakan media yang kreatif untuk dapat diakses siapapun dan ini dapat memudahkan di dalam KBM online seperti saat ini. Keempat, seorang guru yang juga seorang blogger daat berinteraksi dengan orang lain dan dapat menjalin suatu silaturahmi yang baik, artinya guru tersebut dapat membangun koneksi dengan oran lain melalui dunia maya. Kelima, Seorang guru yang juga blogger dapat medapatkan penghasilan tambahan (additional income) seperti dapat mengikut program Google Adsense.

 

Selain memiliki sebuah blog, seorang guru milenial juga dapat mengkombinasikannya dengan You Tube Channel. Apabila guru tersebut memiliki konten video di channelnya, maka video-video tersebut dapat disematkan di blognya sehingga blognya lebih menarik dan variatif sebagai media pembelajaran.

 

Berdasarkan paparan di atas, seorang guru inovatif sebaiknya memiliki sebuah blog, karena banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diraih. Dengan memiliki blog ini paling tidak seorang guru selangkah lebih maju daripada murid-muridnya yang notabene melek IT. Semoga sekelumit artikel pendek ini dapat menginspiransi para guru di seluruh tanah air untuk memiliki sebuah blog sebagai media kreatif, inovatif dan efektif di dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

1 Response to "Pentingya Memiliki Blog Bagi Seorang Guru Inovatif 2020"

  1. AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)
    WA;+855969190856

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel