Tips membuat anak suka belajar Bahasa Inggris 2019
Sunday, March 10, 2019
Add Comment
Belajar BahasaInggris umumnya membosankan bagi anak-anak didik jika kita tidak dapat
menyajikan materi Bahasa Inggris dengan metode yang tepat atau bisa dikatakan
menyenangkan bagi mereka. Selama penulis mengajar Bahasa Inggris di sekolah,
sebagian dari anak-anak kurang interested dengan mapel Bahasa Inggris,
kenapa?Ya yang jelas Bahasa Inggris bukan bahasa ibu, statusnya adalah Bahasa
asing (foreign language) di Indonesia. Anak-anak tidak terbiasa menggunakannya
dalam kehidupan sehari-hari dan bagi siswa SMP/MTs belajar Bahasa Inggris
adalah mapel yang pertama kali mereka terima karena di SD/MI tidak semuanya
mengajarkanya. Kurangnya kosa kata (vocabulary) Bahasa Inggris anak-anak,
selain itu juga antara Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia memiliki
perbedaan tata bahasa (grammar) maupun dari segi kultur/budaya (culture).
Make a poster and write it with English to improve your English. |
Mengapa Bahasa Inggris umumnya tidak disenangi oleh anak-anak didik? Tunggu dulu pendapat itu tidak mutlak benar. Toh masih ada bebeapa tempat dimana anak-anak sangat antusias dan enjoy belajar Bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa tips dari saya Bagaimana supaya anak suka dan mencintai belajar Bahasa Inggris:
1
|
Singing
(menyanyi)
Untuk
mengawali pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak didik yang baru mengenal
Bahasa Inggris adalah memperkenalkan mereka dengan nyanyian (song). Bisa
berupa lagu-lagu anak (songs for children), maupun lagu barat namun perlu
disortir lagu-lagu yang baik untuk anak. Contoh: Are you sleeping, Bingo, Old
Mcdonald, number, ABC’s dll. Untuk lagu barat dewasa dapat menggunakan lagu
seperti “I have a dream” dari Westlife, “Count on me” dari Bruno Mars.
Lagu-lagu mereka ini bertemakan perjuangan meraih mimpi dan persahabatan yang
cocok untuk anak didik.
Tidak
ada anak yang tidak suka dengan musik, karena sejak mereka duduk di bangku TK
maupun SD mereka sudah diperkenalkan lagu-lagu. Mereka akan tertarik dengan
pendekatan lagu. Belajar sambil bernyanyi adalah salah satu kunci sukses anak
belajar Bahasa Inggris. Beri kesan pertama yang positif pada anak sehingga
anak menjadi interested dengan Bahasa Inggris.
|
2
|
Playing games
(Bermain games)
Setelah
anak diperkenalkan songs (lagu-lagu) maka berikutnya perkenalkan mereka juga
dengan games (permainan) yang dapat medukung pembelajaran Bahasa Inggris.
Games misalnya: Spider web, Direction and Location games, Ten Little Indian games, Chinese wisper, Games vocabulary bisa berupa Teka-teki silang,
menggambar dan mewarnai (drawing and colouring),dan masih banyak yang lainnya.
Ya
bermain sambil belajar itulah kunci berikutnya, dunia anak adalah dunia
bermain. Meskipun anak SMP/MT menginjak masa remaja, namun games atau
permainan dapat disisipkan untuk mencairkan suasana dan mengatasi kebosanan
anak dalam belajar Bahasa Inggris.
|
3.
|
Using
Projector (menggunakan LCD Proyektor)
Di
era digital ini penggunaan media electronik seperti Proyektor sangat
diperlukan untuk mempilkan gambar, video, dan tulisan yang menarik sehingga
membuat anak menjadi antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Sebelum mengajar
seorang pendidik perlu mempersiapkand diri materi dan bahan yang akan
diajarkan. Guru dapat menggunakan slide menarik, gambar menarik dan video
yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Untuk menambah antusiasme anak
guru perlu juga menyiapkan sound
atau
speaker aktif sehingga audio dapat terdengar jelas.
|
4
|
Using digital
dictionary with Android mobile (Menggunakan kamus digital)
Kemajuan
teknologi informasi dan telekomunikasi tak dapat dibendung lagi. Penggunaan
gadget mungkin akan dapat membantu anak dalam belajar Bahasa Inggris. Handphone
Android dapat kita manfaatkan untuk diinstal aplikasi kamus digital Bahasa
Inggris-Indonesia atau sebaliknya.
Penggunaan
kamus digital lebih praktis dan cepat daripada kamus buku. Kita dapat
mengetikan kata yang kita cari lalu menerjemahkannya ke dalam Bahasa sasaran.
Dari segi waktu menggunakan kamus digital ini lebih cepat dari pada kita
mencari makna dan arti suatu kata secara alfabetis di kamus manual yang
memakan waktu lebih lama. Keunggulan lain dari kamus digital ini adalah
terdapat fitur suara yang dapat diperdengarkan untuk melafalkan suatu kata
dengan benar karena yang melafalkan kata berasal dari native speaker.
Selain
keuntungan penggunaan HP sebagai kamus tidak luput dari masalah, selama
penulis mengajar dan menganjurkan menggunakan kamus digital, ada beberapa
anak yang memanfaatkan kesempatan ini, mereka bukannya membuka kamus namun
mereka membuka aplikasi lain yang tidak diperbolehkan selama KBM berlangsung
seperti facebook WhatsApp, YouTube, dll. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu
membuat regulasi atau peraturan ketat sehingga anak tidak bermain-main dengan
HP yang seharusnya digunakan hanya untuk Kamus saja.
|
5.
|
Teacher uses
English instructions (guru Menggunakan instruksi Bahasa Inggris)
Kesuksesan
belajar Bahasa Inggris berawal dari kebiasaan (habits), seorang guru perlu
membiasakan memberi instruksi dalam Bahasa Inggris secara berulang-ulang,
awalnya mereka anak didik merasa asing, namun jika ini dibiasakan mereka
lambat laun akan memahami instruksi guru. Mereka juga belajar Bahasa Inggris
secara langsung, antara instruksi dengan tindakan, antara teori dan praktik.
Karena memang belajar Bahasa Inggris adalah untuk alat komunikasi bukan hanya
nilai-nilai akademik dan teori semat. Trik ini juga dapat menantang anak
untuk belajar Bahasa Inggris
|
6
|
Asking
students to learn English from printed materials or labels (mintalah anak
untuk belajar Bahasa Inggris dari setiap tulisan Bahasa inggris yang ada di
kertas atau label yang mereka temukan
Belajar
Bahasa Inggris itu fleksible tidak harus saat di sekolah, mintalah kepada
anak didik anda untuk belajar Bahasa Inggris dari label atau bungkus produk
tertentu seperti, sabun, pasta gigi, sarimi, handphone,dll. Biasanya pada
kemasan tersebut terdapat dua bahasa petunjuk yang digunakan, salah satunya
terdapat tulisan dan petunjuk Bahasa Inggris. Anak dapat mempelajari
langsung, temukan kata dan kalimat Bahasa Inggris yang anak-anak merasa asing
dan tidak mengetahui artinya. Dengan cara ini anak belajar kosa kata yang
penting untuk mencapai kesuksesan Bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit anak
belajar yang pada akhirnya mereka memiliki perbendaharaan kata yang banyak yang
dapat mendukung pembelajaran Bahasa Inggris mereka di kelas.
|
Sementara ini itu dulu tips
untuk memotivasi anak dalam Belajar Bahasa Inggris, untuk tips-tips berikutnya
dapat penulis share pada posting berikutnya. Semoga artikel/tips membuat anak
suka mapel Bahasa Inggris ini dapat memberi inspirasi, informasi kepada para
pembaca sehingga tergerak untuk berkreasi berikhtiar untuk menyajikan materi
Bahasa Inggris dengan cara yang fun dan kreatif yang dapat diterima anak. Ubah
mindset anak didik anda bahwa belajar Bahasa Inggris itu bukan momok yang
menakutkan apalagi selama ini Bahasa Inggris menjadi semacam beban bagi anak
baik dalam KBM maupun Ujian Nasional sehingga ini dapat mempengaruhi nilai
akademik anak untuk mapel Bahasa Inggris.
Terima kasih atas kunjungan
anda. Salam sukses berjama’ah bagi kita semua. Amin.
0 Response to "Tips membuat anak suka belajar Bahasa Inggris 2019"
Post a Comment