Descriptive text: Sule a famous Indonesian Comedian


Belajar dan terus belajar Bahasa Inggris untuk menghadapi UN Bahasa Inggris 2019. Ya dengan begitu anda akan lebih siap untuk menyambutnya. Pada pagi ini penulis akan berbagi salah satu teks, Sebuah teks Descriptive tentang orang. Teks Descriptive ini penulis ambil dari latihan Soal UN Inggris 2019. Dengan memahami isi teks maka anda akan memahami pula soal-soal yang akan diajukan dan kemungkinan keluar di UN Bahasa Inggris tahun ini.

Entis Sutisna, Sule, OVJ, Susis, Descriptive text, SMP, Inggris, 2019

Setelah anda memahami konten message atau pesan bacaan maka selanjutnya anda harus membiasakan diri untuk berlatih menjawab soal berkaitan dengan teks descriptive tersebut. Biasanya dalam teks descriptive, kerap ditanyakan mengenai tujuan penulisan teks (purpose/intention) atau fungsi sosial penulisan teks. Nah, untuk teks descriptive ini tujuannya adalah untuk mendeskripsikan sesuatu secara khusus atau spesifik atau dalam Bahasa Inggrinya; To describe something in particular/spesific about people, person, animals, places, or things. Pada kesempatan kali ini penulis akan menghadirkan teks descriptive mengenai pelawak/komedian yang bernama SULE. Berikut penulis sajikan dalam dua bahasa (Bilingual) Bahasa Inggris dan Bahasa Indoesia.

Comedian Sule Prikitiw
His full name is Entis Sutisna. People call him Sule. He is a famous comedian in Indonesia. Sule was born on 15 November 1975 in Bandung, West Java. He speaks Sundanese fluently. He also learns javanese.
Sule is very unique. His hair is long with brown and yellow colour. He has an oval face, a flat nose and slanting eyes. People know Sule as a ridiculous man and full of jokes. He is very funny. His jokes makes everyone smiling even belly laughing.
Sule plays in several TV shows such as Opera Van Java (OVJ), Awas Ada Sule, Pas Mantab, and Saung Sule. He can also sing very well. He has a very famous song entiled Susis (Suami Sieun Istri).
Taken from Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP/MTs 2019

Pelawak Sule Prikitiw
Nama lengkapnya adalah Entis Sutisna. Orang memanggilnya Sule. Dia adalah seorang Pelawak terkenal di Indonesia. Sule lahir pada tanggal 15 November 1975 di Bandung Jawa Barat. Dia dapat berbicara Bahasa Sunda dengan lancar. Saat ini Dia juga sedang belajar Bahasa Jawa.
Sule adalah orang yang unik. Banyak orang mengenalnya sebagai orang yang humoris dengan candaan dan tingkahnya. Dia sangat lucu. Guyonan/candaannya membuat setiap orang tersenyum bahkan tertawa terbahak-bahak.
Sule Bermain di beberapa pertunjukkan TV seperti Opera Van Java, Awas Ada Sule, Pas Mantab, dan Saung Sule. Dia juga dapat bernyanyi dengan baik. Dia memiliki lagunya yang terkenal berjudul Susis (Suami Sieun Istri)

Selain Pertanyaan tadi mengenai tujuan teks, Pertanyaan klasik yang sering ditanyakan adalah kata terterntu yang berkaitan dengan teks, biasanya menanyakan sinonim (closest meaning). Selain itu soal tentang referensi kata (word reference) Contoh soalnya seperti: “The word “he” in the text refers to ...” Nah jenis soal semacam ini biasanya untuk kata ganti untuk orang. Jawaban ada di kalimat sebelumnya, cari subjek atau objek kata dalam kalimat tersebut.

Anyways, Terima kasih atas kunjungannya semoga postingan di atas tadi sedikit memberi informasi, ilmu dan materi yang bermanfaat untuk persiapan Ujian Nasional. Amin. 

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

2 Responses to "Descriptive text: Sule a famous Indonesian Comedian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel