Tipe soal UN Bahasa Inggris yang sering ditanyakan dan strategi untuk menjawabnya
Tuesday, January 29, 2019
Add Comment
Ujian Nasional SMP/MTs sebentar lagi tiba. Salah satu mata pelajaran
yang menjadi momok bagi para pelajar adalah Bahasa Inggris. Sebenarnya Bahasa
Inggris ada kemiripan dengan Bahasa Indonesia dari konten materinya namun yang
menjadi kendala dalam mengahdapi soal Bahasa Inggris adalah Bahasanya itu
sendiri, permasalahannya adalah Bahasa Inggris merupakan bahasa asing dan
jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya Bahasa Inggris hanya
kita gunakan di linkungan sekolah. Sulit bagi kita untuk merangkai kalimat dan
memahami struktur Bahasa Inggris yang kompleks juga dalam menerjemahkan kalimat
serta paragrafnya tidak seperti Bahasa Indonesia.
MTs Walisongo Tulis siap UNBK 2019 |
Nah, berkaitan dengan Ujian Nasional kali ini saya akan berbagi trik
untuk menjawab Soal Bahasa Inggris dengan cara mengidentifikasi tipe-tipe soal
yang ada kemudian kita dapat mensiasatinya cara menjawabnya walaupun kita tidak
mengetahui arti secara keseluruhan. Berikut ini adalah tipe-tipe soal yang
kerap ditanyakan pada soal Bahasa Inggris:
1.
|
Menanyakan Gambaran Umum teks.
Contoh
-
What does the text tell
us about
-
The text is mostly about
...
-
What is the text about?
Inti dari soal diatas adalah menanyakan Secara garis besar isi dari
teks/bacaan, apa yang dibahas secara keseluruhan. Untuk menjawab tipe soal
semacam ini langkah yang kita ambil adalah:
-
Untuk mempercepat waktu
kita tidak perlu membaca secara keseluruhan bacaan yang ada, namun kita dapat
membaca secara sepintas dan menemukan subjek/objek pembahasan dari teks
tersebut. Biasanya yang menjadi subjek dari bacaan dapat kita temukan pada
kalimat awal dari paragraf pertama.
-
Selanjutnya adalah kita
identifikasi hal sesuatu yang sering muncul pada bacaan tersebut layaknya
pelajaran matematika dalam statistika yaitu modus.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Menanyakan Tujuan teks (Fungsi Sosial)
Contoh:
-
What is the purpose of
the text?
-
What is the intention of
the writer to write the text?
-
The text above is written
to ...
Inti dari soal tersebut adalah menanyakan apa tujuan dari teks yang
ditulis tersebut.
Dalam Bahasa Inggris ada setidaknya 5 Genre-text/Functional text
yang dimunculkan seperti: Narrative, Recount, Descriptive, Report dan
Procedure. Selanjutnya Short functional text seperti: Short message,
Announcement, Invitation, Greeting card, Advertisement,label,etc. Untuk
menjawab soal tipe ini langkah yang kita ambil adalah kita harus mengerti
kata/kalimat operasional yang sering digunakan dari setiap jenis teks yang
ada baik functional text maupun short functional text:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Menanyakan Gagasan Pokok (Main Idea)
Contoh:
-
What is the main idea of
the second paragraph?
-
What is the main idea of
the last paragraph?
-
What is the main idea of
paragraph one?
-
The third paragraph tells
us about ...
Tipe soal semacam ini merupakan soal klasik dan tidak hanya
terdapat pada Bahasa Inggris saja, namun hampir semua bahasa. Inti dari soal
ini adalah kita diminta mencari ide pokok dari suatu paragraf. Langkah yang
harus kita ambil adalah
-
Memahami konsep letak
gagasan pokok yang ada di awal, akhir maupun campuran (deduktif, induktif, campuran)
dan kadang pula kita harus menyimpulkan sendiri isi dari paragraph tersebut.
-
Perbanyak latihan untuk
menentukan ide pokok suatu paragraf.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Menanyakan makna kata, atau persamaan kata(sinonim)
Contoh:
-
The underlined word has
the same meaning with ...
-
The word ..... is similar
to ...
-
The wors has closest
meaning with...
-
The synonym of the bold
word is ...
Inti dari soal di atas adalah kita dapat mencari dan menemukan
sinonim atau persamaan kata dari kata yang dimaksud, misalkan yang
digarisbawahi, cetak tebal, dll. Tips yang harus kita lakukan adalah:
-
Perbanyaklah latihan dan
drill soal-soal UN, kita akan menemukan dan menjumpai banyak kosa kata sukar
dan asing, nah tugas kita adalah mendatanya atau menuliskannya selanjutnya
menemukan arti dan penggunaan dari kata-kata tersebut. Makin banyak kosa kata
yang kita kumpulkan itu artinya itu membuat kita lebih siap dalam menghadapi
UN Bahasa Inggris karena kunci kesuksesan adalah selain grammar juga kosa
kata kita harus lebih banyak.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Menanyakan rujukan kata (word reference)
Contoh:
-
The word “it” refers to
... (paragraph 1, line 3)
-
The word “them” refers to
..
Inti dari soal tersebut adalah kita mengetahui kata ganti (pronoun)
yang diberi tanda petik merujuk ke siapa/apa. Yang harus kita lakukan adalah:
-
Kita fokus membaca pada
paragraf dan kalimat dimana kata itu berada. Kemudian kita temukan rujukannya
pada subjek/objek dari kata/kaliamat sebeumnya. Contoh: Lions eat meat. They hunt other
animals as their preys. Kata “They” merujuk ke “Lions”.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Menanyakan informasi tersurat (explicit)
Contoh:
-
When did Cinderella go
the the forest?
-
Where did the writer go
for camping?
-
What does the foreign
tourists do at Sanur Beach?
-
How do they climb the
trees?
Inti dari soal-soal tersurat adalah bahwa soal-soal yang ditanyakan
jawabanya terdapat pada teks/bacaan. Langkah yang kita lakukan adalah:
-
Mempelajari rumus 5 W + 1
H (What, When, Where, Why, Who, dan How) Karena biasanya pertanyaan
menggunakan kata tanya tersebut, jadi kita harus mengetahui arti dan
penggunaanya.
-
Baca soal dulu terus
mencari jawaban yang ada dengan kata kunci tertentu dengan cara menghubungkan
antara soal dengan bacaan pada teks.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
Menanyakan informasi tersirat (Implicit)
Contoh:
-
What is the moral value
of the text above?
-
Based on the text we know
that ....
-
What will the readers do
after reading the text?
Inti dari soal tersebut adalah bahwa kita diminta menyimpulkan dan
mencari kemungkinan jawaban yang ada berdasarkan fakta-fakta yang tertulis.
(analisa). Tipe soal ini merupakan salah satu jenis soal yang menggunakan
HOTS (High Order Thinking Skill) atau soal tingkat tinggi yang membutuhkan
penalaran siswa. Yang musti kita lakukan adalah:
-
Berlatih mengerjakan
soal-soal tipe ini supaya terlatih.
-
Belajar memahami bacaan
yang ada dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan generalisasi yang ada.
-
Contoh soal yang ketiga
adalah follow up atau tindak lanjut setelah membaca teks, di sini kita
diminta untuk kreatif dan analitis terhadap bacaan dan kita harus memberikan
jawaban yang masuk akal/logis, sebab akibat yang terjadi setelah kita membaca
suatu teks.
|
0 Response to "Tipe soal UN Bahasa Inggris yang sering ditanyakan dan strategi untuk menjawabnya"
Post a Comment