Bagaimana cara penerapan Fungsi sosial Struktur teks dan Ciri kebahasaan dalam KBM?

 

Di dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, seorang guru biasanya menjumpai 3 hal yang harus disampaikan ke anak didik yakni; Fungsi sosial(social funtion), Struktur teks(generic structure), dan unsur kebahasaan(language features). Mari kita bahasa satu persatu dikandung maksud setelah kita memahami 3 poin di atas kita memiliki strategi khusus di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan dengan menggunakan metode atau pendekatan yang tepat tentunya.


Baik kita mulai dari Fungsi sosial. Apa itu fungsi sosial? Tentunya seorang guru tak lepas dari istilah ini. Pembelajaran Bahasa Inggris itu berbasis teks. Setiap teks memiliki social function yang merupakan tujuan dari pembelajaran suatu teks baik lisan maupun tulis. Sebagai contoh seorang guru mengajarkan teks ungkapan sapaan dan pamitan (greetings and leave takings). Seorang guru perlu menjelaskan mengapa mereka harus mempelajari ungkapan-ungkapan tersebut. Berawal dari sini seorang guru dapat menjelaskan goal atau tujuan sosialnya. Setelah mempelajari ungkapan ini diharapkan siswa-siswi, peserta didik dapat mengetahui ungkapan-ungkapan tersebut dengan baik, santun, dan diterima.


memahami, paham, penerapan, Implementasi pengajaran, bentuk pengajaran, Fungsi Sosial, Struktur kalimat, Language features, ciri kebahasaan, almusto, 2020, 2021, updated


Seorang guru terkadang masih bingung bagaimana cara menerapkan materi berupa fungsi sosial yang tertera di RPP. Apa bentuk aktifitas yang harus dilakukan untuk mencapai KD tersebut untuk poin Fungsi Sosial dari suatu  teks. Untuk mengimplementasikan itu dalam KBM diawali dari guru melakukan apersepsi yang diarahakan kepada pembelajaran suatu materi tertentu dalam hal ini adalah materi sapaan dan pamitan. Guru dapat memberikan contoh berupa gambar, teks, dan video bahkan guru sendiri sebagai model dibantu dengan volunteer dari peserta didik yang berisi mengenai ungkapan sapaan dan pamitan. Peserta didik dipancing untuk mengutarakan pendapatnya mengapa kita perlu mempelajari ungkapan tersebut. Nah berawal dari sini seorang guru dapat menjelaskan mengapa seseorang perlu mempelajari ungkapan-ungkapan itu. Selanjutnya guru dapat memberikan contoh-contoh baik lisan maupun tulis cara menyapa maupun berpamitan yang diterima dan lazim digunakan.  Diharapkan anak akan menggunakan ungkapan tersebut di dalam melakukan komunikasi secara sehari-hari dengan cara yang benar, sopan dan diterima.  Supaya ada gambaran dalam pengajaran poin Fungsi sosial ini saya mengutip dari blog Bapak Andi Suwandy yang memberikan gambaran dalam implementasi Pengajaran Fungsi sosial di dalam KBM sebagai berikut


Pertama, pendidik harus menjelaskan bahwa materi sapaan dan pamitan bertujuan agar peserta didik menjadi ramah, santun, komunikatif dan pandai bergaul, sehingga mereka akan menyapa orang yang dijumpai baik orang yang sudah dikenal maupun belum dikenal.

Kedua, Pendidik harus memberikan contoh bagaimana menyapa dan pamitan, contoh dapat berupa video, modelling dari guru dan alat peraga lainya

Ketiga, pendidik memberikan contoh teks tulisnya

keempat, siswa belajar menyapa dan berpamitan dengan benar

Kelima, siswa mempraktekan berpamitan dan menyapa

Keenam, lakukan feed back dan refleksi pembelajaran

Sumber:

https://suwandicorner.blogspot.com/2018/07/fungsi-sosial-dalam-pembelajaran-bahasa.html

 

Untuk struktur teks dan Ciri kebahasaan suatu ungkapan teks sapaan dan pamitan kita sudah memiliki gambaran tidak seperti poin Fungsi sosial. Pada stage Struktur teks seorang pendidik dapat memberikan contoh-contoh pola/ bentuk kalimat lazim mengenai ungkapan sapaan dan pamitan baik secara lisan maupun tulis. Begitu juga dengan Ciri Kebahasaan teks didadasarkan pada tinjauan kosa kata, maupun grammarnya. Peserta didik diharapkan dapat menyusun sendiri teks maupun dialog secara tertulis, membaca, mempraktikan langsung di depan kelas. Peserta didik diharapkan dapat memberikan respon secara langsung terhadapat sapaan maupun pamitan yang dilontarkan kepadanya ketika sedang berkomunikas dengan teman atau orang lain.

 

Demikian uraian singkat mengenai “Fungsi sosial, struktur teks dan ciri kebahasaan” di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Amin.

Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

0 Response to "Bagaimana cara penerapan Fungsi sosial Struktur teks dan Ciri kebahasaan dalam KBM?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel