Bahasa Inggris SD dihapus, tugas berat bagi guru di SMP MTs

Kurikulum 2013 tidak memberi tempat Pembelajaran Bahasa Inggris di Lingkungan SD. Itu artinya tidak ada lagi KBM dan pengenalan Bahasa Inggris untuk anak-anak SD. Meskipun sebagian sekolah masih  ada namun sifatnya hanya ektrakurikuler.

MTs Walisongo
Transisi anak SD ke SMP/MTs
Dengan adanya kebijakan baru di kurikulum ini maka akan berdampak pada anak ketika menginjak di Sekolah Lanjutan. Anak tidak mendapat pengenalan dasar Bahasa Inggris di level sebelumnya sehingga ketika di SMP atau MTs mereka belajar dari awal. Menurut saya ini terlambat karena di level ini anak sudah harus mengikuti Materi Bahasa Inggris yang lebih kompleks. Di level ini waktu terbatas dan kecil untuk memberikan pengenalan vocabulary dasar pada anak.

Beban yang lebih berat tentunya bagi guru di SMP MTs untuk memberikan pelajaran dasar sebagai modal pembelajaran materi di level SMP/MTs. Guru SMP MTs memiliki tugas sebagai guru yang mengawali transfer ilmu dan keterampilan dasar bagi anak. Jika dulu Guru SMP bebanya terkurangi dan terbantu oleh guru-guru yang memberikan pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI, kini mereka memiliki tugas ganda di SMP/MTs.

Menurut saya pribadi sebetulnya hak anak-anak untuk mengenal Bahasa Inggris sejak dini seakan-akan dirampas. Di Jenjang SMP MTs anak-anak kurang mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris yang happy dan fun layaknya di TK atau di SD. Kalau di SD MI pembelajaran Bahasa Inggris lebih mengasyikan karena menggunakan pendekatan atau metode songs and games, yaitu lagu dan permainan. Namun suasana seperti itu jarang ditemukan di SMP dan MTs. Guru-guru terlihat lebih serius mengejar materi yang pokok daripada membuang waktu untuk sekedar menyanyi atau permainan. Di sinilah hak anak sudah dihilangkan.


Berbeda sekali jika Bahasa Inggris tidak dihapus dan masih diajarkan dan diperkenalkan di tingkat SD, anak-anak dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dasar vocabulary yang menyenangkan tentunya yang sangat bermanfaat bagi mereka ketika melanjutkan di Sekolah yang lebih tinggi.
Almusto_Kangmus I'm interested in blogging

0 Response to "Bahasa Inggris SD dihapus, tugas berat bagi guru di SMP MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel